E-MAIL

Layanan e-mail merupakan layanan yang paling umum digunakan pengguna internet untuk berkomunikasi. Agar dapat menggunakan layanan ini, pengguna internet perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Oleh karena itu, pada materi ini akan dibahas tahapan menggunakan e-mail. Pada materi ini membahas layanan e-mail gratis yang disediakan situs http://www.yahoo.com.

1. Penulisan Alamat E-mail
    Ada tiga bagian utama di alamat e-mail, yaitu sebagai berikut.
a. Nama pemakai. Contohnya riniandini36
b. Tanda @ (menyatakan at atau di).
c. Alamat komputer.
2. Membuat E-mail
3. Mengirim E-mail
4. Melampirkan Berkas E-mail
5. Membuka dan Menjawab E-mail (Reply)
6. Menutup E-mail





32 komentar:

  1. TUGAS 3

    1. E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

    Asal kata Blog adalah WebLog, yang artinya adalah catatan harian yang dimuat dalam Web. WebLog terdiri dari dua kata yaitu Web, seperti telah banyak dikenal adalah sebuah situs di internet seperti www.aurino.com, dan kata kedua adalah log yang berarti catatan kejadian harian atau bias dipersamakan dengan buku diary. Weblog akhirnya banyak dikenal sebagai Blog. Jadi blog adalah sebuah web site atau situs web yang berisikan catatan/jurnal harian kegiatan orang maupun kelompok (walaupun banyak blog yang diisi tidak setiap hari). Beberapa contoh blog dengan menggunakan wordpress antara lain adalah http://abc-bsm.aurino.com; http://mathematica.aurino.com; http://blog.aurino.com; http://excel.aurino.com dan lain sebagainya


    2. Cara Membuat Email di Gmail :
    • Pertama kita pergi ke alamat gmail.com
    • Lalu Kemudian Klik Buat Akun
    • Kemudian nanti akan ada form yang harus di isi , isi data mulai dari nama sampai no Hp yang aktif .
    • Setelah itu anda di suruh memveritivikasi akun , yang akan dikirim ke Nomer Hp yang sudah anda masukan tadi.
    • Kemudian masukan kode veritifikasi yang sudah dikirim tadi
    • Lalu anda akan di minta untuk memilih photo profil .
    • Setelah anda mengunggah foto kemudian klik Lanjutkan Ke Gmail
    • Dan sekarang kamu sudah mempunya email di Gmail . Dan sudah bisa di gunakan.

    Cara melampirkan berkas di email
    1. Buka e-mail (isi username dan password)
    2. Setelah masuk ke tampilan e-mail, klik Compose / Tulis Pesan
    3. Isi To (sesuai alamat email penerima) Subjek (judul e-mail) dan isi pesan
    4. Klik tombol "Attach File / Lampirkan File" kemudian browse di tempat kita menyimpan file. Setelah itu klik tombol "Attach File / Lampirkan File" lagi
    5. Setelah itu nanti ada proses loading, tunggu sebentar sampai file sudah dilampirkan ke e-mail
    6. Klik tombol "Send / Kirim" untuk mengirim e-mail
    7. Tunggu sampai proses pengiriman berhasil

    Nurul Ainun
    IX C
    01

    BalasHapus
  2. 1. Pengertian E-mail :

    > E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.

    > Pengertian Blog:
    Blog adalah sebuah diary atau catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. bisa juga berisi kutipan yang sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu tempat. Blog juga sama dengan situs-situs atau web yang sering anda temui di internet.

    2. * Cara membuat E-mail :
    - Buka aplikasi browser, dan buka alamat www.yahoo.com
    - Setelah tampil homepage yahoo, lalu klik Buat account.
    - Akan masuk pada halaman formulir pendaftaran. Isi sesuai data diri. Dan klik Buat account untuk melanjutkan.
    - Maka akan menuju ke halaman selanjutnya, klik Persiapan Awal.
    - email telah berhasil dibuat. Dan akan otomatis kembali ke halaman awal Yahoo

    * Cara melampirkan berkas di E-mail :
    - Menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail
    - Maka akan masuk pada tampilan berikutnya. Pilih dan klik Tulis di bagian kiri.
    - Langkah berikutnya adalah ketik alamat email yang akan dituju di bagian “Ke” (I) dan beri judul di bawahnya (II). Silakan mengisi apa yang hendak dikirim di kolom di bawah “Judul” (III).
    - Untuk menyertakan file dalam pengiriman email, klik icon/lambang Attach File dan pilih tanda panah ke bawah untuk opsi dari mana file tersebut diambil.
    - Cari dan pilih file yang akan dikirim. Contoh filenya adalah “Tugas TIK Membuat Email.pdf” Lalu klik Open.
    - Maka Yahoo akan otomatis melakukan scan file tersebut.
    - Setelah scanning selesai, pilih dan klik Kirim. Selesai!

    Nurul Azizah A
    13, 9c

    BalasHapus
  3. nama : idza aradha pratiwi
    kelas : IX C
    nua : 10

    BalasHapus
  4. Tugas 3

    Khaerunnisa Y
    IXc
    24

    1. Pengertian e-mail dan blog ?

    > E-mail adalah sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet.

    > Blog adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya dapat di update secara reguler. Selain itu, blog juga memungkinkan pengunjung untuk berkomentar. Blog juga dapat dipakai untuk banyak kegiatan, seperti untuk dijadikan buku atau catatan harian online, maupun untuk menulis artikel seperti halnya koran digital. Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya.

    2. cara membuat e-mail dan melampirkan berkas di e-mail.

    > Cara Membuat Email di Gmail :
    • Pertama kali kita pergi ke alamat gmail.com
    • Kemudian Klik Buat Akun
    • Lalu nanti akan ada form yang harus di isi.
    • Setelah itu anda di suruh memveritivikasi akun , yang akan dikirim ke Nomer Hp yang sudah anda masukan tadi.
    • Kemudian masukan kode veritifikasi yang sudah dikirim tadi
    • Lalu anda akan di minta untuk memilih photo profil .
    • Setelah anda mengunggah foto kemudian klik Lanjutkan Ke Gmail
    • Dan sekarang kamu sudah mempunya email di Gmail . Dan sudah bisa di gunakan.

    > Cara melampirkan berkas di email
    • Buka e-mail (isi username dan password)
    • Setelah masuk ke tampilan e-mail, klik Compose / Tulis Pesan
    • Isi To (sesuai alamat email penerima) Subjek (judul e-mail) dan isi pesan
    • Klik tombol "Attach File / Lampirkan File" kemudian browse di tempat kita menyimpan file. Setelah itu klik tombol "Attach File / Lampirkan File" lagi
    • Setelah itu nanti ada proses loading, tunggu sebentar sampai file sudah dilampirkan ke e-mail
    • Klik tombol "Send / Kirim" untuk mengirim e-mail
    • Tunggu sampai proses pengiriman berhasil

    BalasHapus
  5. Tugas 3

    Nurhaya Wahdania
    IXc
    14

    1. Pengertian e-mail dan blog ?

    > E-mail adalah sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet.

    > Blog adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya dapat di update secara reguler. Selain itu, blog juga memungkinkan pengunjung untuk berkomentar. Blog juga dapat dipakai untuk banyak kegiatan, seperti untuk dijadikan buku atau catatan harian online, maupun untuk menulis artikel seperti halnya koran digital. Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya.
    2. cara membuat e-mail dan melampirkan berkas di e-mail.

     Cara Membuat Email di Gmail :
    • Pertama kali kita pergi ke alamat gmail.com
    • Kemudian Klik Buat Akun
    • Lalu nanti akan ada form yang harus di isi.
    • Setelah itu anda di suruh memveritivikasi akun , yang akan dikirim ke Nomer Hp yang sudah anda masukan tadi.
    • Kemudian masukan kode veritifikasi yang sudah dikirim tadi
    • Lalu anda akan di minta untuk memilih photo profil .
    • Setelah anda mengunggah foto kemudian klik Lanjutkan Ke Gmail
    • Dan sekarang kamu sudah mempunya email di Gmail . Dan sudah bisa di gunakan.

     Cara melampirkan berkas di email
    • Buka e-mail (isi username dan password)
    • Setelah masuk ke tampilan e-mail, klik Compose / Tulis Pesan
    • Isi To (sesuai alamat email penerima) Subjek (judul e-mail) dan isi pesan
    • Klik tombol "Attach File / Lampirkan File" kemudian browse di tempat kita menyimpan file. Setelah itu klik tombol "Attach File / Lampirkan File" lagi
    • Setelah itu nanti ada proses loading, tunggu sebentar sampai file sudah dilampirkan ke e-mail
    • Klik tombol "Send / Kirim" untuk mengirim e-mail
    • Tunggu sampai proses pengiriman berhasil

    BalasHapus
  6. 1. E-mail adalah sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client, aktifitas email dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, contohnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet). Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.
    Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web).
    Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.
    2. Cara membuat email
    • Langkah pertama, kunjungi situs Yahoo mail
    • Klik tombol “Buat Account Baru” di bagian atas kanan halaman Yahoo mail.
    • Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:
    • Langkah selanjutnya adalah mengisi pertanyaan rahasia, ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan akun email Yahoo Setelah selesai mengisi kolom-kolom yang disediakan, klik tombol “Selesai”.
    • Voila, email Anda di Yahoo sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.

    Cara melampirkan berkas di email
    • Langkah pertama, buka terlebih dahulu browser pada komputer. Semenatar tunggu hingga halaman browser internet terbuka.
    • Selanjutnya pada halaman browser yang telah terbuka dibagian tab baru, silahkan kunjungi alamat link berikut ini www.yahoo.com alamat link ini akan mengarahkan anda pada halaman utama Yahoo dimana anda bisa masuk pada akun email yahoo.
    • Jika halaman utama Yahoo telah terbuka, untuk dapat masuk silahkan cari menu Sign In. Kemudian klik pada menu tersebut. Dengan begitu anda akan diarahkan pada halaman untuk sign in.
    • Pada halaman tersebut silahkan masukan alamat email beserta password anda, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Sign In agar anda bisa diarahkan masuk.
    • Semantara itu, jika sudah masuk pada email, silahkan klik menu Email, untuk dapat melampirkan file, silahkan klik menu Tulis pada email. Kemudian silahkan masukan alamat email yang dituju.
    • Untuk dapat melampirkannya, silahkan klik ikon pin yang terdapat dibagian bawah tepatnya disamping kanan tombol “kirim”. Dengan begitu akan muncul kotak yang meminta anda untuk memasukan file, silahkan cari pada drive mana file disimpan.
    • Kemudian apabila sudah selesai, tunggu sementara proses penambahan lampiran selesai dilakukan. Jika sudah selesai, silahkan tekan tombol Kirim agar pesan anda bisa disampaikan pada alamat email yang dituju.


    Afifatul ulyah
    02
    IX C

    BalasHapus
  7. 1. E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapatdibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web.
    Bloger adalah suatu media internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat semua kalangan masyarakat local maupun internasional,dan menjadi sebuah media untuk berbagi infomasi dengan mudah dan gratis.
    blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.
    Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.
    2. cara membuat e-mail
    -Ketikkan di address bar browser anda http://mail.google.com/
    -Klik Buat Akun / Create Account di pojok kanan atas
    -Kemudian isikan data Anda pada form seperti dibawah ini ( ganti bahasa klik pojok kanan bawah )
    -Nama – Diisi nama depan dan nama belakang, misal tidak punya nama belakang kosongi saja
    -Pilih Nama Pengguna Anda – Ini adalah id yang akan anda gunakan sebagai alamat anda, jadi usahakan yang mudah diingat dan unik
    -Buat Sandi – Masukkan password yang mudah anda ingat dan usahakan panjang, campuran dari huruf dan angka
    -Konfirmasi Sandi – Ketikkan ulang password yang sudah anda isikan di form Buat Sandi
    -Tanggal Lahir – Diisi tanggal kelahiran anda
    -Gender – Pilih jenis kelamin anda
    -Ponsel – Ketikkan nomor ponsel anda, usahakan yang masih aktif dan bisa dihubungi
    -Alamat Email Anda Saat Ini – Masukkan alamat email anda yang lain jika ada, kalau tidak ada kosongi saja
    -Kemudian ketikkan dua kata pada form terakhir untuk membuktikan bahwa anda bukanlah sebuah robot.
    -Lokasi – Isi sesuai lokasi atau negara anda
    -Centang “Saya Menyetujui Persyaratan Google”
    -Centang “Personalisasi Google”
    -Terakhir klik tombol “ Langkah Berikutnya ”
    -Kemudian akan ada verifikasi nomor hp anda, bisa pilih sms atau pesan suara
    -Lalu masukkan kode yang sudah anda terima dari Gmail untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
    -Langkah selanjutnya setelah pengisian data diri anda adalah tahap pemasangan photo, jika belum punya bisa dilewati saja dengan klik “Langkah Berikutnya”
    -Sampai tahap ini poroses pembuatan email sudah selesai, klik "Langkah Selanjutnya" dan anda akan langsung masuk ke akun email anda yang baru
    cara melampirkan berkas di e-mail
    -Silahkan buka browser internet dikomputer. Dan tunggu hingga halaman browser terbuka. Setelah terbuka pada tab baru silahkan masuk pada halaman sign in ke gmail. Untuk dapat sign ke gmail, berikut ini link yang bisa anda kunjungi ‘https://accounts.google.com’.
    -Dihalaman sign in, silahkan masukan email dan password email anda, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Sign In.
    -Selanjutnya anda akan diarahkan masuk, langkah berikutnya untuk dapat melampirkan sebuah file pada email, silahkan klik tombol Compose yang terdapat dibagian pojok kanan atas, tombol dengan wara merah.
    -Kemudian akan muncul halaman untuk mengirim email, dihalaman ini silahkan terlebih dahulu masukan alamat email yang ingin anda tuju pada kolom ‘To’. Kemudian berikan judul pada kolom ‘Subject’.
    -Selanjutnya, silahkan lampirkan file dengan mengklik ikon pin yang terdapat dibagian bawah halaman, kemudian silahkan cari di drive mana file yang ingin dilampirkan anda simpan.
    -Jika sudah selesai, tunggu sementara proses pemuatan file berhasil dilakukan kemudian akhiri dengan menekan tombol ‘Send’, agar lampiran file bisa disampaikan.

    nama : idza aradha pratiwi
    kelas : IX C
    nua : 10

    BalasHapus
  8. 1. E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapatdibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web.
    Bloger adalah suatu media internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat semua kalangan masyarakat local maupun internasional,dan menjadi sebuah media untuk berbagi infomasi dengan mudah dan gratis.
    blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.
    Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.
    2. cara membuat e-mail
    -Ketikkan di address bar browser anda http://mail.google.com/
    -Klik Buat Akun / Create Account di pojok kanan atas
    -Kemudian isikan data Anda pada form seperti dibawah ini ( ganti bahasa klik pojok kanan bawah )
    -Nama – Diisi nama depan dan nama belakang, misal tidak punya nama belakang kosongi saja
    -Pilih Nama Pengguna Anda – Ini adalah id yang akan anda gunakan sebagai alamat anda, jadi usahakan yang mudah diingat dan unik
    -Buat Sandi – Masukkan password yang mudah anda ingat dan usahakan panjang, campuran dari huruf dan angka
    -Konfirmasi Sandi – Ketikkan ulang password yang sudah anda isikan di form Buat Sandi
    -Tanggal Lahir – Diisi tanggal kelahiran anda
    -Gender – Pilih jenis kelamin anda
    -Ponsel – Ketikkan nomor ponsel anda, usahakan yang masih aktif dan bisa dihubungi
    -Alamat Email Anda Saat Ini – Masukkan alamat email anda yang lain jika ada, kalau tidak ada kosongi saja
    -Kemudian ketikkan dua kata pada form terakhir untuk membuktikan bahwa anda bukanlah sebuah robot.
    -Lokasi – Isi sesuai lokasi atau negara anda
    -Centang “Saya Menyetujui Persyaratan Google”
    -Centang “Personalisasi Google”
    -Terakhir klik tombol “ Langkah Berikutnya ”
    -Kemudian akan ada verifikasi nomor hp anda, bisa pilih sms atau pesan suara
    -Lalu masukkan kode yang sudah anda terima dari Gmail untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
    -Langkah selanjutnya setelah pengisian data diri anda adalah tahap pemasangan photo, jika belum punya bisa dilewati saja dengan klik “Langkah Berikutnya”
    -Sampai tahap ini poroses pembuatan email sudah selesai, klik "Langkah Selanjutnya" dan anda akan langsung masuk ke akun email anda yang baru
    cara melampirkan berkas di e-mail
    -Silahkan buka browser internet dikomputer. Dan tunggu hingga halaman browser terbuka. Setelah terbuka pada tab baru silahkan masuk pada halaman sign in ke gmail. Untuk dapat sign ke gmail, berikut ini link yang bisa anda kunjungi ‘https://accounts.google.com’.
    -Dihalaman sign in, silahkan masukan email dan password email anda, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Sign In.
    -Selanjutnya anda akan diarahkan masuk, langkah berikutnya untuk dapat melampirkan sebuah file pada email, silahkan klik tombol Compose yang terdapat dibagian pojok kanan atas, tombol dengan wara merah.
    -Kemudian akan muncul halaman untuk mengirim email, dihalaman ini silahkan terlebih dahulu masukan alamat email yang ingin anda tuju pada kolom ‘To’. Kemudian berikan judul pada kolom ‘Subject’.
    -Selanjutnya, silahkan lampirkan file dengan mengklik ikon pin yang terdapat dibagian bawah halaman, kemudian silahkan cari di drive mana file yang ingin dilampirkan anda simpan.
    -Jika sudah selesai, tunggu sementara proses pemuatan file berhasil dilakukan kemudian akhiri dengan menekan tombol ‘Send’, agar lampiran file bisa disampaikan.

    nama : A.CHOERUNNISA R.A.Y
    kelas : IX C
    nua : 03

    BalasHapus
  9. 1. - E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “surat elektronik”. E-mail berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Internet. E-mail banyak digunakan karena mudah dikirim dan cepat sampai ke tujuan bahkan ke tujuan yang berjarak mencapai ribuan kilometer.
    - Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

    2. Cara membuat e-mail :

    • Buka gmail.com

    • Masukkan data lengkap
    - Nama → isikan nama anda
    - Nama pengguna → pilih alamat email yang anda inginkan
    - Kata sandi → masukkan kata kunci untuk email anda
    - Isi data lainnya

    • Anda bisa melewati kolom 'Alamat email anda saat ini'

    • Klik tambahkan foto untuk mengganti tampilan anda, anda juga bisa langsung melewati step ini

    • Selesai, klik memulai

    Cara melampirkan berkas di e-mail :
    1. Buka e-mail (isi user name dan password
    2. Setelah masuk ke tampilan e-mail, klik Compose/Tulis pesan
    3. Isi To ( sesuai alamat email penerima ) subjek (jdul e-mail) dan isi pesan
    4. Klik tombol “Attah File / Lampirkan File” kemudian browse di tempat kita menyimpan file. Setelah itu klik tombol “Attach File / Lampirkan File” lagi
    5. Setelah tiu nanti ada proses loading, tunggu sebentar hingga sampai file sudah dilampirkan di e-mail
    6. Klik tombol “Send/Kirim” untuk mengirim e-mail
    7. Tunggu hingga proses pengiriman berhasil.

    BalasHapus
  10. 1. - Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.
    E-Mail merupakan salah satu proses pengiriman surat melalui
    internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan
    cepat (+- 1 menit)

    - Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi
    web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
    posting) pada sebuah halaman web umum.

    2. Cara membuat e-mail :
    • Silahkan kunjungi Yahoo
    • Klik ” Buat Account “
    • Selanjutnya muncul formulir pendaftaran
    • Silahkan isi formulirnya sesuai data pribadi Anda
    • Untuk mengganti ”Nama Pengguna Yahoo” Silahkan Klik tombol segitiga terbalik disamping tulisan “yahoo.id”. Akan ada pilihan yang disarankan Yahoo. Silahkan klik salah satunya.
    • Jika data Anda telah lengkap, Klik Tombol “ Buat akun saya “ paling bawah
    • Muncul Tulisan “ Persiapan Awal “ menandakan email Anda sudah jadi dan bisa digunakan
    • Klik persiapan awal untuk memodifikasi profil Yahoo Anda.

    Cara melampirkan berkas di e-mail :
    • Silahkan kunjungi alamat link berikut ini www.yahoo.com
    • Untuk dapat masuk silahkan cari menu Sign In. Kemudian klik pada menu tersebut.
    • Silahkan masukan alamat email beserta password anda, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Sign In
    • jika sudah masuk pada email, silahkan klik menu Email, untuk dapat melampirkan file, silahkan klik menu Tulis pada email.
    • Untuk dapat melampirkannya, silahkan klik ikon pin yang terdapat dibagian bawah tepatnya disamping kanan tombol “kirim”. Dengan begitu akan muncul kotak yang meminta anda untuk memasukan file, silahkan cari pada drive mana file disimpan.
    • apabila sudah selesai, tunggu sementara proses penambahan lampiran selesai dilakukan. Jika sudah selesai, silahkan tekan tombol Kirim agar pesan anda bisa disampaikan pada alamat email yang dituju.

    Rana Dwi Putri Alham
    IX C
    11

    BalasHapus
  11. 1. *E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia.

    *Blog adalah sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar yang biasa disebut dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman website umum seperti blog.

    2. Cara Membuat Email
    • Langkah pertama, kunjungi situs Google mail
    • Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Google mail.
    • Isi kolom-kolom yang ada pada halaman pengisian dengan data Anda
    • Langkah selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda dengan menambahkan foto profile Anda. Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto Profil”. Anda bisa memasukkan foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto profil, klik tombol “Langkah berikutnya”.
    • Voila, akun email di Google sudah selesai dibuat. Silahkan klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.

    Cara Melampirkan Berkas di Email
    • Silahkan buka browser internet dikomputer. Dan tunggu hingga halaman browser terbuka.
    • Dihalaman sign in, silahkan masukan email dan password email anda, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Sign In.
    • Selanjutnya anda akan diarahkan masuk, langkah berikutnya untuk dapat melampirkan sebuah file pada email, silahkan klik tombol Compose yang terdapat dibagian pojok kanan atas, tombol dengan wara merah.
    • Kemudian akan muncul halaman untuk mengirim email, dihalaman ini silahkan terlebih dahulu masukan alamat email yang ingin anda tuju pada kolom ‘To’. Kemudian berikan judul pada kolom ‘Subject’.
    • Selanjutnya, silahkan lampirkan file dengan mengklik ikon pin yang terdapat dibagian bawah halaman, kemudian silahkan cari di drive mana file yang ingin dilampirkan anda simpan.
    • Jika sudah selesai, tunggu sementara proses pemuatan file berhasil dilakukan kemudian akhiri dengan menekan tombol ‘Send’, agar lampiran file bisa disampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke dek. lain kali jangan terlambat kumpul krn berkurang nilainya.

      Hapus

  12. Tugas 2 Individu

    Pengertian E-mail dan blog
    Jawab:
    - Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).
    - Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

    1. Cara membuat e-mail dan melampirkan berkas di e-mail
    Cara membuat email di Google mail
    1. Langkah pertama, kunjungi situs Google mail
    2. Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Google mail.
    3. Isi kolom-kolom yang ada pada halaman pengisian dengan data Anda:
    Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
    Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
    Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
    Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
    Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
    Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
    Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
    Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
    Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
    Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
    Klik tombol “Langkah berikutnya”
    4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda dengan menambahkan foto profile Anda. Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto Profil”. Anda bisa memasukkan foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto profil, klik tombol “Langkah berikutnya”.
    5. Voila, akun email di Google sudah selesai dibuat. Silahkan klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.
    Cara melampirkan berkas di email
    1. Silahkan buka browser internet dikomputer. Dan tunggu hingga halaman browser terbuka. Setelah terbuka pada tab baru silahkan masuk pada halaman sign in ke gmail. Untuk dapat sign ke gmail, berikut ini link yang bisa anda kunjungi ‘https://accounts.google.com’.
    2. Dihalaman sign in, silahkan masukan email dan password email anda, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Sign In.
    3. Selanjutnya anda akan diarahkan masuk, langkah berikutnya untuk dapat melampirkan sebuah file pada email, silahkan klik tombol Compose yang terdapat dibagian pojok kanan atas, tombol dengan wara merah.
    4. Kemudian akan muncul halaman untuk mengirim email, dihalaman ini silahkan terlebih dahulu masukan alamat email yang ingin anda tuju pada kolom ‘To’. Kemudian berikan judul pada kolom ‘Subject’.
    5. Selanjutnya, silahkan lampirkan file dengan mengklik ikon pin yang terdapat dibagian bawah halaman, kemudian silahkan cari di drive mana file yang ingin dilampirkan anda simpan.
    6. Jika sudah selesai, tunggu sementara proses pemuatan file berhasil dilakukan kemudian akhiri dengan menekan tombol ‘Send’, agar lampiran file bisa disampaikan.



    BalasHapus
  13. 1. pengertian e-mail dan blog
    >E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat.
    >Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

    2. Cara membuat e-mail
    1. Langkah pertama, kunjungi situs Yahoo mail
    2. Klik tombol “Buat Account Baru” di bagian atas kanan halaman Yahoo mail.
    Buka Spoiler »
    3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:
    -Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
    -Pilih ID Yahoo!: pilih alamat email yang Anda inginkan di Yahoo
    -Pilih kata sandi: isi dengan sandi yang Anda inginkan dan mudah diingat
    -Ketik ulang kata sandi: masukkan lagi sandi Anda
    -Saya lahir pada: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
    -Saya tinggal di: pilih negara dimana Anda tinggal
    -Ponsel: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan
    -Email Alternatif: isi bila Anda punya email lain, kosongkan bila memang tidak ada
    -Klik tombol “Buat akun saya”
    Buka Spoiler »
    4. Langkah selanjutnya adalah mengisi pertanyaan rahasia, ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan akun email Yahoo Anda. Di sini Anda harus memilih pertanyaan dari pertanyaan 1 dan 2, serta tentukan jawaban Anda. Pilihlah pertanyaan yang jawabannya mudah Anda ingat. Dan jangan lupa mengisi nomor ponsel Anda pada kolom yang sudah disediakan. Pada halaman ini Anda juga perlu untuk memasukkan kode anti spam. Setelah selesai mengisi kolom-kolom yang disediakan, klik tombol “Selesai”.
    Buka Spoiler »
    5. Voila, email Anda di Yahoo sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.

    cara melampirkan berkas di e-mail
    1.Langkah pertama, buka terlebih dahulu browser pada komputer. Semenatar tunggu hingga halaman browser internet terbuka.

    2.Selanjutnya pada halaman browser yang telah terbuka dibagian tab baru, silahkan kunjungi alamat link berikut ini www.yahoo.com alamat link ini akan mengarahkan anda pada halaman utama Yahoo dimana anda bisa masuk pada akun email yahoo.

    3.Jika halaman utama Yahoo telah terbuka, untuk dapat masuk silahkan cari menu Sign In. Kemudian klik pada menu tersebut. Dengan begitu anda akan diarahkan pada halaman untuk sign in.

    4.Pada halaman tersebut silahkan masukan alamat email beserta password anda, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Sign In agar anda bisa diarahkan masuk.

    5.Semantara itu, jika sudah masuk pada email, silahkan klik menu Email, untuk dapat melampirkan file, silahkan klik menu Tulis pada email. Kemudian silahkan masukan alamat email yang dituju.

    6.Untuk dapat melampirkannya, silahkan klik ikon pin yang terdapat dibagian bawah tepatnya disamping kanan tombol “kirim”. Dengan begitu akan muncul kotak yang meminta anda untuk memasukan file, silahkan cari pada drive mana file disimpan.

    7.Kemudian apabila sudah selesai, tunggu sementara proses penambahan lampiran selesai dilakukan. Jika sudah selesai, silahkan tekan tombol Kirim agar pesan anda bisa disampaikan pada alamat email yang dituju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke. lain kali dek, jangan terlambat di kumpul

      Hapus
  14. TUGAS 3 INDIVIDU KELAS IX.C
    1. Pengertian Email dan blog
     Pengertian Email
    Email adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

     Pengertian Blogger
    Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

    2. Cara membuat Email dan cara melampirkan berkas di email
     Cara Membuat Email
    1. Buka web browser (misalnya internet explorer).
    2. Ketik alamat www.yahoo.com pada address bar. Maka akan tampil halaman utama dari yahoo.com.
    3. Kemudian klik tab mail yang ada pada halaman utama tersebut. Akan tampil halaman mail yahoo.com sebagai berikut :
    1) Pilih “Sign up for Yahoo!”.
    2) Isi semua form yang ada dengan benar. Panduannya tersedia di halaman berikutnya. Form registrasi tersebut adalah sebagai berikut.
    • Setelah semuanya selesai, maka tekanlah menu “I Agree”

     Cara melampirkan berkas di email

    1. Buka e-mail ( isi username dan password )
    2. Setelah masuk ketampilan e-mail, klik compose / tulis pesan
    3. Isi To (sesuai alamat emaul penerima ) Subjek ( judul email ) dan isi pesan
    4. Klik tombol “ Attach file / lampirkan file “ kemudian browse di tempat kita menyimpan file. Setelah itu klik tombol “ Attach File / lampirkan file’ lagi
    5. Setelah itu nanti ada proses loading, tunggu sebentar sampai file sudah dilampirkan ke e-mail
    6. Klik tombol “ Send / kirim “ untuk mengirim e-mail
    7. Tunggu sampai proses pengiriman berhasil
    Nama : Nur Anditha
    Kelas : IX.C
    N.U.A : 15



    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tugas selanjutnya, jangan terlambat dikumpul dek

      Hapus
  15. 1. Pengertian Email dan blog
    • Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
    • Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

    2. Cara membuat email
    • Buka aplikasi browser, dan buka alamat www.yahoo.com
    • Setelah tampil homepage yahoo, klik Buat account seperti gambar di bawah ini
    • Akan masuk pada halaman formulir pendaftaran. Isi sesuai data diri. Dan klik Buat account untuk melanjutkan.
    • Maka akan menuju ke halaman selanjutnya, klik Persiapan Awal.
    • Dan… email telah berhasil dibuat. Dan akan otomatis kembali ke halaman awal Yahoo

    Cara melampirkan berkas di email
    • Menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail
    • Maka akan masuk pada tampilan berikutnya. Pilih dan klik Tulis di bagian kiri
    • Langkah berikutnya adalah ketik alamat email yang akan dituju di bagian “Ke” (I) dan beri judul di bawahnya (II). Silakan mengisi apa yang hendak dikirim di kolom di bawah “Judul” (III).
    • Nah.., untuk menyertakan file dalam pengiriman email, klik icon/lambang Attach File dan pilih tanda panah ke bawah untuk opsi dari mana file tersebut diambil.
    Apabila dari computer (IV), maka akan muncul gambar seperti di bawah ini
    • Cari dan pilih file yang akan dikirim. Contoh filenya adalah “Tugas TIK Membuat Email.pdf” Lalu klik Open
    • Maka Yahoo akan otomatis melakukan scan file tersebut.
    • Setelah scanning selesai, pilih dan klik Kirim. Selesai!


    Mudrifah Amalia
    IX c
    08

    BalasHapus
  16. nama : annisa aulia safitri
    kelas : ix c
    nua : 07

    E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat.
    Blog merupakan singkatan dari "Web Log" adalah sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar yang biasa disebut dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman website umum seperti blog. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik biasanya isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya seperti ini. Situs web seperti blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik atau tujuan yang sedang dicari oleh pengunjung atau visitor dari search engine.

    Cara Membuat Email di Yahoo!
    1. Buka aplikasi browser, dan buka alamat www.yahoo.com
    2. Setelah tampil homepage yahoo, klik Buat account seperti gambar di bawah ini
    3. Akan masuk pada halaman formulir pendaftaran. Isi sesuai data diri. Dan klik Buat account untuk melanjutkan.
    • Maka akan menuju ke halaman selanjutnya, klik Persiapan Awal.

    • Dan… email telah berhasil dibuat. Dan akan otomatis kembali ke halaman awal Yahoo



    Cara Mengirim Email Dan Menyertakan File Di Dalamnya
    1. Menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail

    2. Maka akan masuk pada tampilan berikutnya. Pilih dan klik Tulis di bagian kiri

    3. Langkah berikutnya adalah ketik alamat email yang akan dituju di bagian “Ke” (I) dan beri judul di bawahnya (II). Silakan mengisi apa yang hendak dikirim di kolom di bawah “Judul” (III).
    4. Nah.., untuk menyertakan file dalam pengiriman email, klik icon/lambang Attach File dan pilih tanda panah ke bawah untuk opsi dari mana file tersebut diambil.
    Apabila dari computer (IV), maka akan muncul gambar seperti di bawah ini
    5. Cari dan pilih file yang akan dikirim. Contoh filenya adalah “Tugas TIK Membuat Email.pdf” Lalu klik Open
    6. Maka Yahoo akan otomatis melakukan scan file tersebut.
    7. Setelah scanning selesai, pilih dan klik Kirim. Selesai!

    BalasHapus

return true } //if IE4+ document.onselectstart=new Function ("return false") //if NS6 if (window.sidebar){ document.onmousedown=disableselect document.onclick=reEnable }